advertisement

Yohanes Eka Jaya Chandra Pemanfaatan Teknologi Bantu Pantau Keadaan Pasar

Monday, February 27th, 2017 - Bisnis, Expert Opinion, News, Teknologi
Advertisement
advertisement

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra menekankan kepada para pengusaha pangan  untuk memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang untuk memantau ketersediaan stok bahan pangan. Pemanfaatan teknologi Informasi menurut Yohanes Eka Jaya Chandra pemanfaatan teknologi ini penting agar harga bahan pangan bisa tetap terjaga dan diketahui.

Hal ini dikatan Yohanes Eka Jaya Chandra dalam pertemuan dengan para pengusaha pangan Indonesia  di Malang Jawa Timur pada tanggal 15 Februari 2017. Hadir dalam rapat tersebut para pengusaha pangan Indonesia dan kementerian pangan Indonesia.

Menurut Yohanes Eka Jaya Chandra, ketersediaan stok bahan pangan yang mencukupi kebutuhan masyarakat amat penting karena dapat menentukan stabilitas harga di pasar. Maka dari itu, informasi tentan stok bahan pangan amat krusial dan sangat perlu diketahui.

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra juga meminta para pengusaha pangan untuk mampu menuju dunia digital dan teknologi yang saat ini berkembang pesat dengan mengembangkan aplikasi yang dapat memantau harga bahan pangan hingga ke daerah-daerah.

“Aplikasi yang digunakan di buat harus bisa menginformasikan kondisi pasar yang ada di daerah dan bisa diketahui sampai ke pusat. Ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Menurut Yohanes Eka Jaya Chandra saat ini harga bahan pangan yang melambung tinggi memang bukan hanya disebabkan karena ketersediaan stok bahan pangan yang tidak mencukupi. Terkadang selama ini masih banyak adanya rantai distribusi pangan yang tidak efisien dan membutuhkan waktu yang lama. Keadaan seperti inilah yang terkadang membuat banyak gejolak harga pasar yang ada, maka dari situlah Yohanes Eka Jaya Chandra menyebutkan bahwa hal tersebut harus mendapat perhatian khusus.

“harga dari petani rendah tapi di pasaran bisa melambung tinggi. Ada sesuatu yang menyebabkan hal itu salah satunya distribusinya. Ini yang mulai harus diperbaiki jika tidak ingin berlarut larut. ” ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Dengan pemanfaatan teknologi yang semakin maju, pembuatan aplikasi yang bisa terintegrasi dengan keadaan stok dan keadaan pasar akan membuat semua bisa dilihat dan di kontrol harga serta tidak menyebabkan keguncangan pasar.

Advertisement
advertisement
Yohanes Eka Jaya Chandra Pemanfaatan Teknologi Bantu Pantau Keadaan Pasar |admin |4.5