advertisement

Google Doodle untuk Malaikat Pakistan

Friday, March 3rd, 2017 - Expert Opinion, News, Sosial
Advertisement
advertisement

Dok.Chandra Ekajaya

Seandalnya gagal ginjal tidak merenggut kehidupannya, Abdul Sattar Edhi genap berusia 89 tahun. IJntuk mengenang jasa besar dan teladan pendiri Edhi Foundation, jaringan ambulans gratis terbesar dunia itu, Google menjadikan dia ikon Google Doodle sehari penuh.

“Merayakan (hari lahir) Abdul Sattar Edhi, marilah hari ini kita semua mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan bantuan,” terang Google dalam pernyataannya. Kemarin logo Google di Amerika Serikat (AS) dan Pakistan serta sembilan negara lain berubah menjadi gambar Abdul Sattar Edhi Di negeri asalnya, Pakistan pria berjenggot tersebut berjuluk malaikat welas asih alias malaikat yang penuh belas kasihan.

Dok.Chandra Ekajaya

Edhi yang tutup usia tahun lalu dikenal dermawan sejak muda. Bahkan, sejak dia belum kaya raya. Saat berusia 20 tahun dan tinggal di Kota Karachi, pria kelahiran Gujarat itu dekat dengan kaum papa. Dia sangat suka membantu mereka. Padahal, saat itu dia tidak punya banyak uang. Karena itu, tenaga lah yang dia sumbangkan untuk mereka yang membutuhkan.

Kemauan untuk berbagi itulah yang menjadi cikal bakal Edhi Foundation. Pada awal misinya, dia meminta sumbangan dan bantuan kepada beberapa donatur. Tetapi, setelah punya cukup uang, dia menyewa sebuah ruangan kecil yang dijadikan klinik. Dia juga membeli ambulans bekas yang lantas dikemudikan sendiri. Ambulans tersebut mengantar-jemput pasien atau mengangkut jenazah tanpa memungut biaya.

Saat ini Edhi Foundation memiliki lebih dari 1.800 ambulans di seluruh Pakistan. Pada 1997, yayasan tersebut tercatatdalamGuinness World Records sebagai yayasan ambulans gratis terbesar dunia. Tidak hanya menyediakan ambulans, Edhi Foundation juga menggandeng sejumlah mahasiswa kedokteran dan dokter sebagai sukarelawan. Yayasan tersebut juga punya rumah sakit, lembaga adopsi, dan kapal-kapal reseue.

Selama hidupnya, Edhi yang seorang muslim selalu menegaskan bahwa apa yang dilakukannya itu adalah kerja kemanusiaan. bukan keagamaan.

 

Advertisement
advertisement
Google Doodle untuk Malaikat Pakistan |admin |4.5