advertisement

Chandra Ekajaya Hewan Pemakan Biji-bijian

Tuesday, February 21st, 2017 - Cerita, Expert Opinion, Hobi, Tips
Advertisement
advertisement

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya merupakan seorang pengamat hewan yang bekerja di Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau biasa disingkat dengan nama BKSDA. Di BKSDA ini Chandra Ekajaya mempunyai sebuah pekerjaan yang sedikit berbeda dengan pekerjaan pada umumnya yang harus mewajibkan tiap pegawainya duduk dikantor dengan tugas-tugas tertentu. Dalam pekerjaan yang dilakukan oleh Chandra Ekajaya ini ialah sebagai seorang pengamat hewan-hewan tertentu, terutama hewan pemakan biji-bijian.

Hewan pemakan biji-bijian ini mempunyai banyak jenis dan karakter yang berbeda beda. Hampir tiap golongan jenis hewan mempunyai jenis hewan pemakan biji-bijian. Dari jenis burung, mamalia, bahkan ikan ada yang memakan biji-bijian. Semua jenis hewan ini tentunya memiliki karakter sendiri-sendiri. Dari semua jenis hewan itu, golongan burung lah yang mempunyai paling banyak jenis hewan pemakan biji-bijian. Chandra Ekajaya sendiri mengatakan bahwa jenis burung ini mempunyai ratusan spesies khusus pemakan biji-bijian.

Dok.Chandra Ekajaya

Dari golongan jenis burung pemakan biji-bijian sendiri masih ada klasifikasi lagi yaitu jenis burung pipit dan yang yang lainnya. Sedangkan untuk jenis mamalia memasuki peringkat kedua dengan jenis hewan pengerat karena biasanya hewan pengerat mempunyai makanan pokok berupa biji-bijian yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan gigi yang ada pada hewan-hewan pengerat seperti tikus, hamster, dan kelinci.

Sedangkan untuk jenis ikan sendiri sebenarnya tidak murni memakan biji-bijian akan tetapi sebenarnya mereka adalah jenis ikan herbivora pemakan tumbuhan yang kadang-kadang juga memakan biji-bijian tanaman air seperti eceng gondok dan teratai. Beberapa ikan yang gemar memakan biji-bijian ialah seperti gurami nila dan berbagai macam ikan lainnya. Dari semua penelitian yang sudah dilakukan oleh Chandra Ekajaya ini, ia berhasil membukukan semua hasil penelitiannya yang sekarang ini dipakai sebagai acuan penelitian hewan-hewan pemakan biji-bijian.

Advertisement
advertisement
Chandra Ekajaya Hewan Pemakan Biji-bijian |admin |4.5